5 Bahaya Pokemon Go yang Harus Anda Ketahui


Portalfia.com, Pokemon Go telah menarik perhatian seluruh dunia. Melihat kehebohan Pokemon Go, Para penjahat siber memanfaatkan kehebohan Pokemon Go sebagai peluang untuk menciptakan penipuan sosial media dengan mengembangkan versi yang telah terinfeksi oleh virus Trojan demi mengambil keuntungan dari para pemain Pokemon Go.


Para pengguna, banyak yang mencari cara untuk melakukan cheat terhadap Game Pokemon Go, misalnya memalsukan lokasi GPS.Aplikasi resminya juga diserang dengan kontroversi tentang masalah privasi terkait izin yang dimintanya. Berdasarkan fenomena itu, perusahaan keamanan Symantec telah meneliti masalah-masalah keamanan terkait game Pokemon Go dan bagaimana cara melindungi perangkat pengguna dari para hacker.



Penipuan PokeCoin

Yang perlu diketahui adalah, Pokemon Go memiliki sistem in-game purchase, di mana para pemain gamers dapat menggunakan uang asli untuk membeli mata uang virtual yang disebut dengan PokeCoins. Para Pemain dapat menggunakan PokeCoins untuk membeli item, Contohnya seperti wewangian untuk memikat Pokemon ke lokasi mereka ataupun telur-telur yang dapat menetaskan Pokemon langka.


"Beberapa dari mereka mencoba untuk mengakali sistem ini dengan cara mencari PokeCoins yang telah didiskon ataupun gratis secara online. Tapi sayangnya, para penipu telah mempersiapkan skenario ini," Ditulis oleh Researcher Threat Symantec, Wueest Candid di blog resmi perusahaannya.


Jika Para pengguna melakukan pencarian “Pokemon Go free coins generator”, mereka akan menemukan tautan tautan yang mengarahkan ke penipuan-penipuan survei klasik. Tautan tautan ini tersebar luas di seluruh internet, dari postingan pada forum gim sehingga situs-situs penipuan yang sengaja dibuat para penjahat untuk menipu para pemain pokemon go.





Inilah 5 Bahaya Pokemon Go yang Harus Diwaspadai Masyarakat

1. Serangan Malware

Bahaya Pokemon Go yang pertama adalah karena serangan Malware, Indonesia adalah salah satu negara yang belum masuk dalam daftar rilis resmi game online populer Pokemon Go, banyak orang yang mengambil game ini dengan berbagai macam cara. Bagi pengguna Hp android, salah satu cara mencari game pokemon go adalah dengan cara mendownload file apk kemudian install ke dalam android mereka masing-masing.


Namun, Untuk mendownload file apk dari situs selain Google Playstore tentu saja memiliki potensi yang sangat berbahaya. Karena dari pihak ketiga, oleh karena itu tidak ada yang bisa menjamin keamanan dari file apk yang kita download tersebut. Ketenaran game online Pokemon Go juga telah disadari oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka membuat apk Pokemon Go yang sudah disusupi oleh virus malware (Virus berbahaya). Jika kalian install apk yang sudah disusupi virus malware ini maka otomatis para oknum tersebut akan memiliki akses dan juga kendali ke dalam perangkat android kita. Untuk itu, caranya adalah jangan sembarang download file apk. Pastikan Anda memperolehnya dari situs situs terpercaya.


2. Perampokan

Bahaya Pokemon Go yang kedua adalah karena perampokan, Bahaya utama dari game online Pokemon Go adalah meminta Anda untuk jalan keluar rumah dengan memburu Pokemon liar di berbagai tempat. Namun demi keamanan saat berkendara, Niantic dan Nintendo tidak mengizinkan para pemain game pokemon go berburu saat berjalan di dalam kendaraan bermotor, ingat jangan sampai anda memburu pokemon go saat berkendara, itu sangat berbahaya.


Untuk itu, Kita terpaksa harus jalan kaki untuk keliling-keliling dalam berburu Pokemon go yang muncul di radar "layar smartphone" kita. Indonesia dikenal sebagai negara kriminalitas. Oleh karena itu, jika Anda berjalan sendirian sambil memegang smartphone "HP" Anda di depan umum itu sama saja anda mengundang masalah baru.
Semenjak postingan ini ditulis, ada sebuah kasus di mana hampir terjadi perampokan di Jakarta terkait Game populer Pokemon Go.


3. Lingkungan sekitar yang berbahaya

Hal utama yang diperingatkan oleh Niantic saat kita menyalakan game Pokemon Go adalah harus WASPADA dengan lingkungan sekitar kita. Selain bisa terjadi perampokan, Anda juga bisa menghadapi masalah lainnya jika Anda tidak memerhatikan lingkungan sekitar kita. Contohnya, akibat terlalu fokus kepada radar game pokemon go atau dengan istilah lain terpaku pada layar Android anda, Anda bisa saja jatuh ke dalam jurang atau lubang. Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang tidak bersahabat bagi para pejalan kakinya.


4. Pengeluaran uang yang tinggi

bahaya Pokemon go selanjutnya adalah Pengeluaran uang yang tinggi, Seperti game mobile pada umumnya, Niantic dan juga Nintendo mengandalkan in apps purchase ini sebagai pemasukan revenue utamanya. Game Pokemon Go tergolong cukup agresif dalam mencari pemasukan melalui cara ini.


Selain mata uang digital yang dijual dalam game pokemon go harus dibeli dengan uang benaran lho, Game Pokemon Go juga menjual berbagai macam fitur yang menggunakan uang sungguhan di dalamnya. Jika Anda ingin menangkap Pokemon go maka Anda membutuhkan Pokeball yang sangat terbatas. Untuk memperolehnya dalam jumlah yang sangat memadai, maka otomatis Anda harus mengeluarkan uang. Untuk melatih pokemon, lagi-lagi salah satu cara yang cepat adalah dengan menggunakan uang.


5. Bertengkar akibat persaingan

Bahaya main Pokemon Go yang terakhir adalah Bertengkar akibat persaingan, begitu fenomenal game pokemon go sehingga dalam waktu kurang dari satu seminggu, jumlah pemainnya sudah hampir menyaingi dari jumlah pengguna Twitter dari seluruh penjuru dunia. Padahal game pokemon go ini belum resmi dirilis di negara-negara lain selain Amerika, Australia dan juga New Zealand.


Oleh karena itu, tak heran jika Anda bertemu dengan para pemain game Pokemon Go di manapun Anda berada. Semakin banyak yang main game pokemon go berarti akan semakin tinggi juga tingkat persaingan. Jika pada sebelumnya persaingan di game hanya terjadi di dalam dunia virtual saja, maka pada game pokemon go ini persaingan akan terjadi langsung di dunia nyata. Karena kita baru bisa mengadu pokemon go jika kita berada di dalam satu tempat yang berdekatan.

0 comment... add one now