7 Kesalahan Suami Terhadap Isteri yang Orang Melayu Tak sedar Ianya Salah



Sahabat Paklong , disadari ataupun tidak, banyak suami yang melakukan kesalahan pada istrinya, yakni dengan tidak memberikan hak-hak istri sesuai dengan yang diperintahkan Allah, maupun yang dicontohkan Rasulullah.

“Dan pergaulilah isteri-isteri kalian dengan baik. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (Qs. an-Nisaa’: 19).

“Barang siapa menggembirakan hati istri, (maka) seakan-akan menangis takut kepada Allah. Barang siapa menangis takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnya dari neraka. Sesungguhnya ketika suami istri saling memperhatikan, maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan penuh rahmat. Manakala suami merengkuh telapak tangan istri (meremas), maka berguguranlah dosa-dosa suami-istri itu dari sela-sela jarinya.” [HR. Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Al-Khudzri].

Berikut ini 7 kesalahan suami yang perlu diperbaiki segera:

1. Tidak mengajarkan ilmu agama pada istri



“Hai orang–orang yang beriman, peliharalah dirimu & keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia & batu, penjaganya malaikat – malaikat yang kasar, keras & tidak mendurhakai Allah terhadap apa yg di perintahkan-Nya kepada mereka & selalu mengerjakan apa yang diperintakan” {Al-Quran, Surah At-Tahrim:6}

Banyak suami yang hanya membekali istri dengan uang bulanan, tapi tidak mengisi kekosongan ilmu dan ruhiyah istrinya. Padahal di zaman seperti sekarang ini, penting untuk membekali diri dan keluarga dengan pemahaman Islam yang menyeluruh.

2. Tidak mau membantu pekerjaan rumah

Ketika Aisyah r.a ditanya tentang apa yang dilakukan Rasulullah s.a.w di rumahnya, beliau menjawab:

“Beliau membantu pekerjaan isterinya & jika datang waktu solat, maka beliau pun keluar untuk solat.” {H.R. Bukhari}

Banyak juga suami yang enggan membantu mencuci piring, menyapu, mencuci baju, menjemur pakaian, padahal Rasulullah telah mencontohkan bahwa membantu istri melakukan pekerjaan rumah sama sekali tidak merendahkan kedudukan suami, bahkan justru bertambah kemuliaan suami karenanya.

3. Membenci istri

“Janganlah seorang suami yang beriman membenci isterinya yang beriman. Jika dia tidak menyukai satu akhlak darinya, dia pasti meridhai akhlak lain darinya.” {H.R. Muslim}

Ada pula suami yang justru membenci istri yang dinikahinya. Mendiamkan istri, dan memandang semua yang dilakukan istrinya buruk. Sungguh ini adalah kesalahan fatal para suami yang tidak bisa bersabar. Jika terus-menerus dibiarkan, akan memperburuk kondisi rumah tangga.

4. Menyebarluaskan rahasia atau aib istri

Banyak suami yang salah bergaul dan terkotori dengan pergaulan buruk yang memperbincangkan aktivitas suami-istri sebagai guyonan, padahal hal tersebut membuat kedudukannya rendah di hadapan Allah:

“Sesungguhnya di antara orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah seseorang yang menggauli isterinya & isterinya menggaulinya kemudian dia menyebarkan rahasia-rahasia isterinya.” {H.R. Muslim}

5. Memukul Istri

Para suami dilarang untuk memukul istri, jikalau pun istri melakukan kesalahan yang melanggar aturan Allah, tetap tidak boleh memukulnya di wajah.

“Hendaklah engkau memberinya makan jika engkau makan, memberinya pakaian jika engkau berpakaian, tidak memukul wajah, tidak menjelek-jelekkannya …..” {H.R. Ibnu Majah disahihkan oleh Syeikh Albani}

6. Tidak menafkahi Istri dan Anak

Tidak sedikit suami yang abai terhadap masalah nafkah, sehingga banyak istri yang meninggalkan kodratnya sebagai ibu rumah tangga. Padahal seorang suami dihormati karena kesediaannya menafkahi keluarga:

“dan kewajiban ayah ialah memberi makan dan pakaian kepada isterinya itu menurut cara yang sepatutnya. Tidaklah diberatkan seseorang melainkan menurut kemampuannya…” (Al Baqarah 233)

7. Tidak cemburu

Kesalahan lainnya yang sering tidak diperhatikan adalah, suami tidak merasa cemburu terhadap istrinya. Bahkan di kalangan selebritis, para perempuan bersolek dan cium pipi kanan kiri dengan pria lain atau fans nya seolah sudah biasa.

Perhatikan ancaman Rasulullah s.a.w terhadap lelaki yang tidak memiliki kecemburuan terhadap keluarga (isteri):

“Tiga golongan yang Allah s.w.t tidak akan melihat mereka pada hari kiamat iaitu seseorang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang menyerupai lelaki dan ad-Dayyuts” {H.R. An-Nasa’i dinilai ‘hasan’ oleh syeikh Albani, lihat ash-Shahihah : 674}

Dan ad-Dayyuts(dayus) adalah LELAKI yang tidak memiliki kecemburuan terhadap keluarganya.

Pembahasan lebih panjang mengenai hal ini, in syaa Allah akan dipaparkan di tulisan tersendiri.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

0 comment... add one now